Thursday, January 9, 2014

Test 10 Browser Terbaik Untuk Android

Hal yang paling saya sukai dari Android adalah banyaknya pilihan aplikasi gratis yang bisa kita download dari Playstore. Dengan hal itu pula kita harus pandai dalam memilih aplikasi mana yang terbaik. Dan aplikasi yang paling sering digunakan para pengguna Android adalah browser. Namun menentukan mana browser terbaik untuk Android bukan hal yang mudah. Tidak hanya sekedar melihat hasil tes atau review dari para pengguna. Hal terbaik adalah mencobanya sendiri.


Berikut ini adalah beberapa browser yang ada di Playstore dan hasil dari benchmark pada masing-masing browser. Silahkan tentukan sendiri mana yang paling cocok untuk anda gunakan pada Android kesayangan anda.

Test Sunspider

Sunspider adalah fasilitas benchmark untuk mengukur performance browser dalam menangani Javascript content.


Seperti yang anda lihat dari hasil tes tersebut, Puffin mungkin membuat anda tercengang. Puffin bukan browser biasa. Dia memanfaatkan cloud computing untuk melakukan pekerjaan yang berat dan memberikan hasil akhirnya untuk anda. Berbeda dengan browser lain yang menggunakan sumber pada android anda untuk melakukan hal tersebut. Dan hasilnya pun akan bergantung pada spesifikasi hardware anda.

Test Mozilla Kraken

Sekali lagi Puffin berada dalam urutan teratas. Sementara Chrome dan Mozilla masih tertinggal dibelakang. Begitu pula dengan hasil test yang lain, Puffin sepertinya mendominasi kompetisi ini.





Dari semua hasil test di atas, kita lihat Puffin tidak terkalahkan. Namun hasil test benchmark tidak selamanya benar sebelum kita benar-benar mencobanya secara nyata. Sekarang saatnya melakukan test yang sesungguhnya.



Pada test pertama UC Browser ternyata mampu lebih dulu membuka situs phonearena.com, tapi Puffin kembali unggul ketika membuka situs mobile New York Times.

Dari semua hasil test tersebut saya rasa kita sudah mendapatkan pemenang. Namun sekali lagi, semua ini bergantung kepada pilihan anda. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, anda tidak akan pernah tahu mana yang terbaik jika tidak pernah mencoba.


EmoticonEmoticon