Saturday, January 12, 2013

Menambah Kecepatan SD Card pada Android

Kecepatan baca tulis Memory SD card pada android sangat mempengaruhi pada kinerja devive anda. Beberapa aplikasi seperti App2SD atau Link2SD membutuhkan transfer data yang cepat agar berfungsi maksimal. Sama halnya ketika kita memfungsikan handheld android sebagai USB Storage. SD card dengan kelas yang lebih tinggi akan lebih cepat melakukan copy atau backup data ke PC. Maka menambah kecepatan SD Card pada Android adlah hal penting jika memori anda merupakan kelas rendah.

Jika kecepatan baca tulis SD Card anda terasa lambat. Ada cara mudah untuk menambah kecepatan SD Card pada Android anda. Dengan memodifikasi ukuran cache. Cara ini bisa meningkatkan kecepatan baca / write pada SD card hingga 80%. Namun untuk melakukan metode ini Android anda harus sudah di root terlebih dahulu. Karena kita akan melakukan editing pada file system menggunakan Root Explorer.

Caranya :

  1. Buka Root Explorer lalu masuk ke folder  /sys/devices/virtual/bdi/179:0/read_ahead_kb (jangan lupa mount R/W)
  2. Edit file read_ahead_kb
  3. Ubahlah niai cache size sesuai keinginan anda. Defaultnya adalah 128. Nilai yang bisa anda gunakan mengacu pada standar nilai kilobyte/kb. Contoh : 128, 256, 512, 1024, 2048, 3072, 4096
  4. Simpan file tersebut.
Hasil test kecepatan SD Card pada Android dibawah ini menggunakan memori card Visipro 8 GB Class 4 yang saya lakukan pada Axioo PicoPad 6 GFI dengan  OS Jelly Bean 4.1.1 

Test 1 : 128 (default cache)




Test 2 : 1024




Test 3 : 2048




Test 4 : 4096



Kita bisa melihat perubahan pada kecepatan read memang tidak terlalu banyak, masih berkisar pada angka 13 MB/s. Namun terjadi perubahan yang sangat drastis pada kecepatan Write atau proses penulisan pada memory sampai 90% dari angka 17 MB/s menjadi 31 MB/s.

Tetapi metode ini hanya berlaku sementara untuk menambah kecepatan SD Card pada Android, jika anda melakukan reboot pada Android maka nilai cache akan kembali kepada defaultnya yaitu 128 kb. Jika anda sudah merasa nyaman dengan modifikasi ini, ada cara untuk merubahnya secara permanen yang akan saya jelaskan pada posting berikutnya.



EmoticonEmoticon