Tablet PC Tren Sesaat?

Zaman cepat berubah, begitu juga tren komputer di masyarakat. Masih lekat dalam ingatan saya 10 tahun yang lalu orang berlomba-lomba membangun PC super cepat dengan beragam perangkat tambahan yang cukup menguras kantong. Bahkan metode overclocking sempat menjadi sesuatu yang banyak dibicarakan oleh para antusias. Untuk mendapatkan performa terbaik pada Komputer desktop mereka.

Memang notebook sudah ada sejak dulu seiring dengan perkembangan PC Desktop. Namun dengan harga yang terpaut jauh dengan Desktop PC menjadikan notebook sesuatu yang ekslusif, yang hanya dimiliki oleh orang-orang berduit. Juga Notebook yang muncul saat itu hanya memiliki kemampuan terbatas. Hanya sebatas untuk pekerjaan kantor, membuat presentasi atau sekedar browsing di internet. Hingga pada saat muncul notebook murah dengan spesifikasi yang hampir seimbang dengan PC Desktop. Sejak saat itulah orang-orang mulai melirik notebook.

Kemunculan Netbook, yang sebenarnya juga Notebook hanya tanpa kehadiran Optical Drive dan biasanya dengan bentuk yang lebih kecil dari Notebook juga mendapatkan antusias yang luar biasa dikalangan penggemar komputer. Berbagai pabrik terkenal berlomba-lomba membuat Notebook versi mini ini. Dengan banderol harga yang lebih murah dari Notebook, Netbook lebih mudah dijangkau oleh masyarakat kelas bawah dan menengah. Membuat popularitas Netbook semakin melambung tinggi. Pegawai kantoran biasa, Mahasiswa, dan para pelajar kini sudah menjadikan Netbook sebagai alat bantu kegiatan mereka sehari-hari.

Namun sejak Apple pertama kali memperkenalkan iPad. Tiba-tiba saja dunia mengalami demam tablet, para praktisi ekonomi dan pakar industri sempat kurang yakin dengan kesuksesan iPad. Dilihat dari kacamata pakar industri, iPad belum menjadi kebutuhan masyarakat untuk saat ini. Hanya sebagai alat hiburan dan dilihat dari fungsionalitasnya, iPad tidak bisa menggantikan PC.

Para praktisi mungkin benar dengan analisa mereka, namun Apple tahu apa yang mereka lakukan. Memang iPad belum bisa menggantikan fungsi PC secara keseluruhan, tapi apa yang dilakukan Apple adalah sebuah terobosan baru dalam dunia komputer. Dan terbukti, kini hampir semua pabrik electronic berlomba-lomba untuk membuat duplikat iPad yang kita sebut Tablet. Dan hebatnya para kompetitor iPad yang merupakan milik raksasa komputer Apple pada awalnya justru bukan berasal dari produsen komputer seperti IBM, Asus, Dell atau Toshiba.

Dimulai dari Samsung pabrik electronic asal Korea yang sebenarnya bukan pemain di pasar komputer. Meluncurkan seri Galaxy untuk menyaingi iPad. Kemudian disusul HTC yang sebelumnya memproduksi handphone, bahkan banyak pabrikan lokal seperti Nexian, Mito dan IMO yang ikut mengadu peruntungan di tengah antusias masyarakat terhadap Tablet PC.

Lantas yang menjadi pertanyaan adalah sampai kapankah era tablet ini bertahan?

Jika melihat dari tren sebelumnya, sejak era PC Desktop hingga Netbook, saya rasa Tablet PC juga akan mengalami hal yang sama dengan yang lain. Teknologi akan selalu berubah, seiring dengan perkembangan teknologi itu sendiri juga kebutuhan masyarakat. Mungkin saja di masa datang muncul inovasi baru yang menggeser posisi Tablet PC ini, atau bisa saja orang sudah mulai bosan dengan perangkat mobile dan kembali ke era dekstop yang lebih memuaskan. Lihat saja tren handphone yang dulu besar lalu berubah menjadi ukuran mini. Dan kini orang kembali menyukai handphone dengan ukuran besar walaupun dengan teknologi yang berbeda.

Lalu perlukah saya ikut hanyut dalam era tablet?

Jawabannya tergantung pada kebutuhan anda. Sebagai contoh, saya adalah orang yang mobile, suka bepergian, suka membuat artikel untuk blog-blog saya. Saya juga suka mengambil gambar/foto momen yang tidak terduga lalu mengunggahnya ke blog saya. Sebelumnya saya selalu membawa notebook, namun lama kelamaan terasa merepotkan karena saya harus membawa tas besar berisi notebook, charger (yang lumayan besar), juga mouse beserta pad nya karena saya tidak terbiasa menggunakan touchpad bawaan laptop :). Saya juga suka mendengarkan musik diperjalanan, menonton video dari youtube atau sekedar browsing untuk menambah pengetahuan. Dengan tablet saya bisa melakukan itu semua.

Bagaimana dengan anda?

Previous
Next Post »